Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMK Negeri 8 Tangerang Selatan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang disingkat P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

SMK8Tangsel adalah Lembaga Pendidikan yang memiliki misi menciptakan lulusan yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya serta berwawasan global dan lingkungan. Untuk itu, projek penguatan profil Pancasila sangat diperlukan bagi SMK8Tangsel, khususnya bidang Pendidikan untuk membangun karakter peserta didik agar sesuai dengan luhurnya budi pelajar Pancasila.

Salah satu tema yang diusung dalam P5 adalah “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Dalam tema ini,guru P5 SMK Negeri  18 Tangerang Selatan mengajak siswa dan siswi untuk memahami pentingnya hidup berkelanjutan dan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dengan kelestarian lingkungan.

Menerapkan gaya hidup berkelanjutan akan memberikan manfaat yang baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Dengan meminimalisir penggunaan plastik, mengurangi penggunaan energi, serta menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, siswa dan siswi dapat membantu mengurangi dampak negatif kegiatan manusia terhadap lingkungan. Selain itu, gaya hidup berkelanjutan juga dapat meningkatkan kualitas hidup siswa dan siswi, karena menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat dan berkelanjutan seperti mengonsumsi makanan organik, melakukan penghijauan, dan sebagainya.

Kegiatan yang dilakukan dalam tema Gaya Hidup Berkelanjutan di P5 meliputi penyuluhan tentang pentingnya hidup berkelanjutan,serta pembuatan produk daur ulang. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada siswa dan siswi untuk mengubah kebiasaan buruk dan beralih ke kebiasaan yang lebih baik.

Kegiatan Gaya Hidup Berkelanjutan yang telah dilakukan dalam P5 telah memberikan hasil yang positif. Beberapa di antaranya adalah meningkatnya kesadaran siswa dan siswi akan pentingnya hidup berkelanjutan, berkurangnya penggunaan kantong plastik di lingkungan sekolah, serta meningkatnya jumlah tanaman yang ditanam di lingkungan sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dan siswi mulai sadar dan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah sebuah program yang dapat membantu menumbuhkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Dalam tema Gaya Hidup Berkelanjutan, siswa dan siswi diajak untuk memahami dan menerapkan kebiasaan hidup sehat dan berkelanjutan. Dengan meningkatnya kesadaran dan tindakan nyata dari siswa dan siswi, diharapkan lingkungan sekolah dan sekitarnya dapat terjaga dengan baik.